Minggu, 04 Maret 2012

Cara Memasang Kipas Angin Gantung

Secara umum pemasangan kipas angin gantung atau Ceiling Fan tidak jauh berbeda dengan kipas angin dinding, namun yang terkadang membingungkan adalah tehnik pemasangan speed switch atau saklar pengatur kecepatan.

Kali ini kita tidak akan membahas tehnis pemasangan kipas angin gantung, namun kita akan membahas tehnis pemasangan Saklar kipas angin gantung.

Speed Switch atau Saklar Pengatur kecepatan ini cara kerjanya adalah membatasi arus listrik yang masuk ke kumparan kipas angin. Ada beberapa jenis saklar pengatur kecepatan berdasarkan bahan yang di pakai untuk membatasi arus listrik, yaitu :

1. Saklar kipas angin gantung yang menggunakan Trafo atau kumparan
2. Saklar kipas angin gantung yang menggunakan Kapasitor
3. Saklar kipas angin gantung yang menggunakan rangkaian elektronik

Perbedaan fisik dari ketiga Saklar tersebut sangat mencolok, sehingga dilihat secara sekilas saja sudah bisa diketahui jenis dari saklar tersebut. Untuk Saklar yang menggunakan Trafo, Speed selectornya terdiri dari 5 atau bahkan lebih pilihan kecepatan. Untuk Saklar yang menggunakan Kapasitor hanya terdapat 3 pilihan kecepatan, sedangkan untuk saklar yang menggunakan rangkaian elektronik kecepatannya diatur menggunakan potensiometer sehingga tidak ada pilihan kecepatannya.

Saklar menggunakan Trafo

Saklar Elektrik


Saklar menggunakan Kapasitor



Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP