Jumat, 17 Februari 2012

Perbedaan Antara Thermofuse, Thermostat dan Thermal protector

Walaupun secara garis besar fungsi dari ketiga komponen ini sama yaitu sebagai pemutus arus, namun ternyata ada beberapa perbedaan mencolok dari ketiganya. Perbedaannya terletak pada bentuk komponen dan alat listrik yang menggunakannya.

Thermofuse
Nama lain atau terjemah bebas dari alat ini adalah Sekring Suhu, alat ini kebanyakan digunakan pada kipas angin, rice cooker dan beberapa jenis setrika. Ketika suhu dari alat listrik sudah melebihi batas makimal dari suhu thermofuse, maka thermofuse akan langsung memutus arus listrik. Thermofuse termasuk jenis komponen sekali pakai, kalau sudah rusak harus diganti. Besaran suhu maksimal yang bisa di tahan alat ini bisa dilihat pada bodi komponen ini.

 Thermofuse Kipas Angin

Thermostat
Penggunaan alat ini lebih komplek dari pada Thermofuse dan Thermal protector. Alat ini secara umum dipakai pada peralatan panas dan dingin. Sebagai contoh untuk peralatan panas adalah rice cooker, magic jar dan dispenser. Sedangkan untuk peralatan dingin adalah kulkas, freezer dan dispenser. Untuk Thermostat Lemari Es dan Setrika bisa dikategorikan sebagai Adjustable Thermostat atau Thermostat yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Cara kerja dari komponen Thermostat  ini adalah ketika suhunya sudah mencapai suhu maksimal yang bisa ditahan, maka secara otomatis alat ini akan memutus aliran listrik yang menuju ke beban. Kemudian ketika suhunya menurun alat ini akan kembali mengalirkan arus listrik ke beban, proses ini berjalan terus menerus dan berulang ulang.

Yang agak berkebalikan dengan umumnya Thermostat adalah Defros Bimetal atau Defrost Thermostat. Komponen ini dipakai pada lemari es 2 pintu. Sebagaimana yang telah dibahas, secara umum Thermostat bekerja dengan memutus arus listrik pada beban, namun untuk Defrost Thermostat, alat ini bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke beban ketika sudah mencapai suhu maksimal yang bisa ditahan (suhu dingin)

 Thermostat Magic Jar
 Thermostat Ricecooker, Magic Jar dan Pemanas Dispenser

 Thermostat Lemari Es

Thermostat Setrika

 Defrost Thermostat

Themal Protector

Komponen ini sering dipakai pada peralatan induksi semisal pompa air dan juga sebagai pengaman alat listrik  arus besar yang menggunakan panel listrik. Komponen ini kadang di sebut pula sebagai overload Protector

 Thermal Proector Pompa Air

Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

9 komentar:

Anonim,  22 Februari 2013 pukul 11.37  

Ī¤hanks for making me to obtain new concepts about pc's. I also hold the belief that certain of the best ways to help keep your notebook computer in prime condition has been a hard plastic-type material case, and also shell, that matches over the top of the computer. These kind of protective gear will be model targeted since they are manufactured to fit perfectly above the natural outer shell. You can buy these directly from the owner, or through third party sources if they are available for your mobile computer, however only a few laptop may have a covering on the market. All over again, thanks for your guidelines.

my homepage :: is quibids legit

Unknown 19 April 2018 pukul 18.38  

Kipas daruratku saya lepas thermostatny krna mati, kira" bisa awet g ya tnpa thermostat

agus 14 April 2019 pukul 21.13  

Bisa tapi efeknya gulungan bisa terbakar

Unknown 10 Maret 2020 pukul 18.33  

Letak termostart blender dimana ya merk nasional karena sebentar hidup msti lagi dihidupkan sebentar berputar terus sebentar mati lagi

Unknown 9 Desember 2020 pukul 19.13  

cara cek thermal protector masih baik atau rusak...trmakasih

Ian christian 23 Oktober 2021 pukul 12.59  

Buka dinamo nya,cek di bagian lilitan spul,kluarkan thermal protector nya,akan kliatan ukuran/kapasitas utk dinamo yg bersangkutan.
Jika dirasa sulit dan ribet,dan merasa hrs ganti thermal protector,maka bs googling dan cari tau brp kapasistas thermal protector utk mesin cuci sesuai dgn milik anda. Atau setidaknya secara umum utk dinamo mesin cuci.
Tp tetap aja saat ganti thermal protector hrs buka dinamo/buka spul dan bongkar TP yg lama serta pasang yg baru.
Kerjaan yg lumayan ribet dan hrs jeli jgn smpai malah ada lilitan putus krn ga sengaja atau musibah kena obeng :-)

Ian christian 23 Oktober 2021 pukul 13.13  

Dinamo dlm kondisi panas (tahap ga kuat lama kita sentuh dgn tangan) tp tetap jalan trs.
Dinamo mati hidup tdk normal.
Dinamo mati total.
Yg paling sering adalah ,dinamo yg bolak balik mati hidup meski blm panas / blm lama dihidupkan.

Smua hal diatas adalah indikasi thermal protector rusak /tdk bekerja sebagaimana mestinya.

rusaknya thermal protector ( mati) jg berfungsi sebagai fuse alias membuat listrik tdk mengalir lg,jarang yg rusak lalu open terus alias tetap mengalirkan listrik meski panas sdh di batas kapasitas thermal protector nya, seringnya thermal protector mati dlm keadaan close.
Contoh dinamo pompa air yg mati total,tp tdk ada tanda2 short atau terbakar lilitan nya, mka bs dipastikan 99,9% kerusakan ada di thermal protector yg mati

Unknown 11 November 2021 pukul 16.39  

Apakah pompa celup ada thermal protektor

Mustaqimtaqim803@gmail.com 12 Februari 2022 pukul 18.10  

Saya punya maqic com miyako model MCM 638, thermostat bawaannya 250V 5A 81N T150, kemudian thermostat bawahnya rusak di ganti dengan thermostat 250V 10V. Perntanyaan saya apakah ada pengaruhnya,

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP