Sabtu, 06 Agustus 2011

Nasi Jadi Lembek Dan Berair, Kenapa Ya?

Sebagaimana halnya Nasi jadi kuning dan bau, kerusakan yang satu ini juga terjadi setelah beberapa jam nasi berada di dalam Rice Cooker maupun Magic Jar. Kondisi nasinya menjadi lembek dan terasa berair serta rasanyapun jadi kurang enak dilidah walaupun sebenarnya nasi ini juga belum basi.

Setelah mendapat beberapa "pasien" dengan masalah yang sama, akhirnya ketemu juga biang keladinya. Penyebab dari masalah ini adalah matinya elemen penghangat bagian atas. Pada beberapa merk keluaran awal dan yang berkapasitas kecil, rice cooker maupun magic jar memang tidak memakai elemen penghangat bagian atas sehingga rentan sekali mengalami masalah ini.

Solusinya adalah dengan mengganti elemen tersebut dengan yang baru, sedangkan untuk yang belum memakai elemen atas, bisa juga kita modifikasi dengan menambahi sendiri elemen atas sebagaimana rice cooker maupun magic jar keluaran baru.

Namun ada pula rice cooker yang dengan terpaksa tidak bisa dimodifikasi karena memang modelnya tidak memungkinkan, yaitu yang tutupnya terpisah dan tidak menempel pada body jadi mirip panci dengan tutupnya yang ditaruh diatas elemen utama.

rice cooker yang tidak bisa dimodifikasi

Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

1 komentar:

Anonim,  25 Maret 2014 pukul 14.39  

blm tentu elemen atas bos tp krn panci berkarang trs ada bakteri to jamur yg membuat nasi cepet basi/daya tahan berkurang . nah carannya dg menyeteril panci tsb di rendam pake rinso sehari semalam lalu cuci bersih sampe bau sabun hilang trs yg terahir bilas dg air mendidih

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP