Rabu, 15 Februari 2012

Jenis Kerusakan Magic Com Atau Rice Cooker

Pada dasarnya kerusakan yang di alami Rice Cokeer termasuk mudah untuk di deteksi sendiri. Hal ini di karenakan jumlah komponen dari Rice Cooker sangat sedikit dan bukan dari jenis elektronik. Satu-satunya komponen elektronik hanyalah Lampu Indikator dan sebuah resistor 100k. Kerusakannya hanya berkisar komponen itu itu saja.

Ok....untuk lebih jelasnya silahkan baca beberapa jenis kerusakan Magic Com atau Rice Cooker berdasarkan pada komponennya

1.Kerusakan pada elemen Magic Com atau Rice Cooker,
Elemen Rice Cooker termasuk komponen paling awet dan jarang sekali mengalami kerusakan. Namun tidak menutup kemungkinan bila elemennya mengalami kerusakan bila ternyata komponen yang lainnya dalam kondisi bagus. Deteksi awal dari rusaknya elemen Rice Cooker adalah bila lampu indikator menyala tapi Rice Cooker tidak mau panas. Ingat ya.... ini disimpulkan bila ternyata komponen lainnya dalam kondisi bagus. Untuk lebih yakinnya kita bisa gunakan mulitester untuk mengetesnya. atau baca cara mudah ngetes elemen Magic Com atau Rice Cooker

 tampak atas
tampak bawah

2.Kerusakan pada Otomatis Magic Com atau Rice Cooker
Kerusakan pada komponen ini ditandai dengan kembalinya posisi tuas selektor keatas padahal nasinya belum matang.

 tampak atas
tampak bawah

3.Kerusakan pada Thermofuse
Thermofuse adalah sekering yang akan bekerja atau memutus arus listrik dengan sendirinya ketika terjadi panas berlebihan. kerusakan pada Thermofuse bisa jadi merupakan indikasi rusaknya mikro switch ataupun tuas selektor, ini dikarenakan ketika salah satu dari kedua komponen tersebut rusak maka akan menyebabkan arus listrik tidak terputus padahal nasinya sudah matang. komponen ini terletak menempel di bagian bawah dimasukkan dalam selang berserabut benang. Kerusakan pada komponen ini dideteksi ketika lampu indikator tidak mau menyala padahal kabel AC maupun sumber listrik dalam kondisi normal.Untuk lebih yakinnya kita bisa gunakan mulitester untuk mengetesnya. Baca juga Cara mudah dan murah mengatasi thermofuse rusak.

4.Kerusakan pada mikro switch
Sebagaimana elemen rice cooker, komponen ini juga jarang sekali mengalami kerusakan. Kerusakan pada komponen ini ditandai dengan gosongnya nasi yang kita masak atau elemen Rice cooker tidak mau panas. Secara kasat mata anda bisa langsung menebak rusaknya komponen ini karena ada bekas yang meleleh pada bodi komponen ini.

5.Kerusakan pada kabel AC/Power
Ini adalah komponen pertama yang harus di cek bila stekernya sudah menancap pada stopkontak namun Rice cooker tidak mau menyala. Kerusakan yang sering terjadi adalah kabelnya putus di dalam. Untuk lebih yakinnya anda bisa tes dengan multitester atau bisa juga anda pinjam dulu kabel rice cooker milik tetangga yang mirip kabel anda lalu di pasang pada rice cooker anda. bila menyala itu artinya kabelnya memang rusak.

Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP