Minggu, 12 Februari 2012

Solusi Bila Listrik Mati Tiba-tiba

 

 Tadi sore ketika sedang hujan lebat, tiba-tiba listrik mati. Kemudian hidup lagi sekitar 1 jam kemudian. Namun ternyata ada 1 rumah milik tetangga yang masih gelap yang kemudian pemiliknya mendatangi saya minta tolong ngecek listrik di rumahnya.Dia bilang sekeringnya sudah diganti baru namun listriknya tetap tidak mau menyala.

Karena tidak mungkin bagi saya untuk keluar rumah, akhirnya orang tersebut saya ajari sebuah trik agar rumahnya tidak gelap semaleman. Trik ini sangat simpel dan bisa di pakai oleh siapa saja tanpa perlu tahu tentang kelistrikan. Trik ini juga biasa saya pake untuk mencari lokasi atau titik listrik yang bermasalah semisal ada jalur yang konslet.

Sebelum memasuki pembahasan ini, anda harus paham terlebih dahulu tentang apa saja penyebab listrik mati mendadak.Bila anda belum paham silahkan baca dulu artikel penyebab listrik mati mendadak. Bila anda sudah paham silahkan ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini ;

1. Matikan seluruh alat listrik yang masih dalam kondisi on, diantaranya adalah saklar lampu,termasuk juga cabut kabel alat listrik yang masih menancap pada stop kontak  semisal kabel kulkas dan tv.
2. Hidupkan saklar MCB pada meteran, pada langkah ini seharusnya posisi MCB bisa on dan tidak kembali off.
3. Hidupkan kembali alat listrik satu persatu dimulai dari lampu
4. Ketika pada langkah ketiga, apabila ada alat listrik atau jalur instalasi bermasalah maka akan menyebabkan MCB Off atau mati seketika. 

Kesimpulannya adalah pada langkah ke 4 tersebut anda sudah menemukan alat listrik atau jalur instalasi yang bermasalah, sehingga untuk sementara jalur tersebut jangan di hidupkan.

Selamat mencoba.


Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

2 komentar:

Rahmad Azly 13 Juni 2017 pukul 04.35  

artikel yang bagus dan bermanfaat.
trima kasih

kunjungi juga
https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com
salam

Rahmad Azly 13 Juni 2017 pukul 04.35  

artikel yang bagus dan bermanfaat.
trima kasih

kunjungi juga
https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com
salam

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP