Jumat, 25 Mei 2012

Troubleshooting Mesin Cuci Tidak Mau Berputar


Pada posting kali ini,saya akan bahas tentang masalah yang sering kali dialami oleh mesin cuci baik mesin cuci 1 tabung maupun mesin cuci 2 tabung, yaitu mesin cuci tidak mau berputar. Kejadian ini sering kali tidak ada tanda-tanda sebelumnya, bahkan sering kali terjadi ketika mesin cuci tidak mau berputar namun tetap di on kan atau dihidupkan maka yang terjadi kemudian adalah motornya jadi terbakar.

Beberapa masalah yang akan saya sampaikan ini diluar permasalahan putusnya kabel, artinya semua jalur kabel masih dalam kondisi bagus begitu pula dengan kondisi timer mesin cuci itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan kerusakan ketika motor mesin cuci bagian Washer atau Penggilingan tidak mau berputar.
  1. Kapasitor Mesin cuci Rusak, Rusak disini artinya bisa jadi kapasitornya kering atau bocor atau bahkan meledak. tidak menutup kemungkinan juga kondisi fisik dari kapasitor mesin cuci masih bagus namun sebenarnya  kapasitor tersebut sudah rusak.Untuk pengecekannya  anda bisa baca pada artikel disini.
  2. As nya seret, rupanya kasus ini tidak hanya terjadi pada kipas angin saja, mesin cuci pun juga mengalami masalah yang sama. Ini biasanya dikarenakan pelumasnya jadi kering sehingga menyebabkan As nya tidak mau berputar. Untuk pengecekannya Anda lepas terlebih dulu V belt nya kemudian anda putar pulley yang menempel pada As motor, bila berat maka kemungkinan memang as nya kotor.
  3. Bos As atau As aus, Bila Bos As atau As nya aus maka ketika dihidupkan mesin/motor akan mendengung keras sekali, untuk bos As sebelah atas pengecekannya adalah dengan cara anda lepas dulu V belt nya terus kemudian anda gerakkan As tersebut kekiri dan kekanan bila goyang itu artinya bos atau As nya memang Aus. Yang lebih sulit adalah pengecekan bos as atau As sebelah bawah, tidak ada cara lain kecuali harus dibongkar lebih dulu motornya.
  4. Motor Basah, Biasanya ini disebabkan karena Sil atau As Gear Box aus sehingga air dari atas sedikit demi sedikit akan mengalir ke bawah lalu ketika mesin dihidupkan airnya akan nyiprat dan membasahi motor beserta kumparannya, kemudian akan menyebabkan kumparannya jadi short. Untuk pengecekannya anda bisa langsung lihat kondisi motornya, kalau memang basah berarti harus dikeringkan lebih dulu.
  5. Kumparan motor soak atau short, bila semua sebab diatas tidak didapati maka ini adalah kemungkinan terakhir dan terburuk yaitu kumparannya sudah soak atau short bahkan mungkin sudah terbakar. Untuk pengecekannya harus menggunakan alat tersendiri yaitu tang amper atau bisa pula dengan amper meter. bila hasil pengukurannya lebih dari 0.6 Amper ketika tanpa beban maka bisa dipastikan motornya sudah rusak, silahkan di gulung ulang atau dibelikan motor yang baru.

Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

8 komentar:

iwan 15 Agustus 2015 pukul 21.51  

Klo kapasitor rusak apa motor pencuci dan motor pengering tdk berputar

Unknown 18 Mei 2016 pukul 14.39  

Kl kipas/rotor seringkali lepas..apanya yg mesti diganti min..saya sudah mengganti rotor/kipas plastik beserta baut nya dgn yg baru..

Toni wahyudi 19 Juli 2017 pukul 12.14  

Bila mesin cuci dihidup kan lalu aku star mencuci tapi kok gk bisa berputa (kapasitor masih ok ) lalu ap kerusakan nya ya bang tolong pencerahannya

Admin 20 Januari 2019 pukul 15.18  

Itu kapasitornya sendiri sendiri...jarang sekali rusak bersamaan...

Admin 20 Januari 2019 pukul 15.21  

Pulleynya kemungkinan tidak rata antara pulley motor dan pulley gearbox..
Solusi... atur ketinggian puleey dimotor dan usahakan rata dengan pulley gearbox

Admin 20 Januari 2019 pukul 15.21  

Bisa gearboxnya...bisa pula pulsatornya

Unknown 31 Agustus 2019 pukul 10.12  

bila mesin penggiling di aktifkan...motor tdk brputar tp trdengar suara dengungan arus listrik...apa pnyebabanya min...kapasitor 1 dbagi dua dgn pengering..sdg pngering sndiri normal

Admin 1 September 2019 pukul 05.59  

Itu sebenarnya 2 kapasitor dijadikan 1. Coba diputar puleynya pake tangan, lancar apa tidak, kalo lancar brarti kapasitor bagian cuci sudah rusak.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP