Rabu, 21 Maret 2012

Kipas Angin Berputar Lambat Karena As dan Bos As Aus

Penyebab Kipas Angin Berputar Lambat selanjutnya adalah dikarenakan As Kipas Angin atau bisa pula Bos As nya mengalami aus. Pada beberapa kasus, terkadang kipas angin sama sekali tidak mau berputar dikarenakan kondisi keausan yang cukup parah.

Untuk deteksi awal, kita bisa rasakan bodi dari kipas angin mendengung namun baling-baling kipas tidak mau berputar. bila ini yang terjadi segera matikan kipas angin untuk mencegah kerusakan yang lebih parah ( kumparan bisa terbakar )

Trus mungkin pembaca sekalian akan bertanya tanya, ko bisa ya...?

Begini niii penjelasannya......perlu pembaca semua ketahui bahwa jarak antara kern atau rangka kumparan dengan rotor as, sangat tipis sekali bahkan tidak sampai 1 milimeter. Ketika  kumparan mendapat suply listrik maka terjadilah efek magnetik pada kern atau kerangka kumparan. Apabila kondisi As maupun Bos As bagus yang terjadi adalah As beserta rotornya akan berputar, namun bila As maupun Bos Asnya mengalami aus maka rotornya akan menempel pada kern atau rangka kumparan sehingga Asnya berputar lambat bahkan terkadang tidak mau berputar.

Pada semua jenis Kipas Angin, terdapat dua Bos yaitu bos bagian depan dan bos bagian belakang, yang sering mengalami kerusakan adalah bos bagian depan. O yaaa....hampir lupa, untuk pengecekannya sobat sekalian bisa pegang As nya lalu gerakkan As tersebut ke kiri dan kekanan, bila memang BoS As tau Asnya aus maka akan terasa bergoyang. ( kumparan dan as masih dalam kondisi terpasang ).

Untuk penggantian bos as maupun tehnik mensiasati As yang aus akan saya jelaskan pada kesempatan lain.

Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

1 komentar:

She Back 12 Desember 2015 13.26  

tehnik mensiasati As yang aus sudah fi tulis belum

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP