Rabu, 21 Maret 2012

Kipas Angin Berputar Lambat Karena Kapasitornya Mati


Salah satu penyebab Kipas Angin berputar lambat adalah kondisi Kapasitor yang mulai melemah atau bahkan mati. Ukuran Kapasitor pada Kipas Angin bervariasi antara 1 micro hingga 2,5 micro. Untuk pengecekannya gampang-gampang susah kalau tidak memiliki Kapasitor Tester ataupun Multitester.

Sebelum menyimpulkan kapasitornya rusak, ada baiknya anda cek dulu kondisi Asnya dengan memutar baling-balingnya dengan tangan, bila berputar licin maka anda bisa coba mengecek kapasitornya.

Terkadang Kapasitor yang mati bisa dilihat pada bodi kapasitor itu sendiri,semisal bodinya menggelembung atau bahkan pecah. Sedangkan pengecekan pada Kapasitor yang lemah atau soak tidak ada cara lain harus menggunakan Kapasitor Tester atau Multi Tester.

Cara lain yang lebih mudah dan tidak harus langsung beli baru adalah dengan meminjam kapasitor dari kipas angin lain yang masih bagus kondisinya, kemudian pasang pada kipas angin yang rusak, bila ternyata putarannya tetap lambat setelah di ganti itu artinya kapasitor masih bagus dan kerusakan bukan pada kapasitornya.

Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP