Jumat, 30 Maret 2012

Troubleshooting Kipas Angin Tidak Mau Berputar Alias Mati Total

Bagi Anda yang awan tentang dunia elektronik maupun elektrikal, bisa dipastikan akan langsung bingung dan pusing bila disuruh memperbaiki peralatan listrik yang rusak. Padahal, sejatinya hampir semua peralatan listrik bisa di perbaiki sendiri asalkan kita cukup punya nyali untuk bongkar pasang peralatan tersebut.

Namun bila Anda memang benar-benar tidak punya basic kelistrikan,anda tidak perlu khawatir lagi, sebab di blog ini banyak di bahas berbagai permasalahan dan solusi praktis bagi orang awam untuk memperbaiki peralatan listrik yang rusak.

Kali ini kita akan bahas Langkah-langkah mencari kerusakan kipas angin yang tidak mau berputar alias mati total. Mati total disini artinya memang tidak ada respon sama sekali ketika kipas angin tersebut dihidupkan, karena sering sekali terjadi ketika kipas angin dihidupkan ternyata masih ada respon walaupun cuma berdengung.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ;

1. Cek pada kabel power
Kabel  power merupakan penghubung utama antara peralatan listrik dengan sumber tegangan atau sumber listrik. Dari sekian tahun malang melintang di dunia service alat listrik, sudah tak terhitung lagi jumlahnya saya temui kerusakan pada kabel power ini. Kerusakan yang paling sering terjadi pada kabel power adalah, rusaknya jack kabel, kabel di gigit tikus dan kabel putus didalam. Jack Kabel power yang rusak dan kabel power yang digigit tikus, bisa langsung terlihat tanpa membutuhkan alat bantu lainnya. Namun, untuk kabel power yang putus didalam,mau tidak mau kita harus mengggunakan alat bantu multi tester maupun AVO meter,minimal kita bisa memakai test pen yang harganya relatif lebih murah.
.
2. Cek koneksi pada saklar kecepatan
Bila Kabel power masih dalam kondisi bagus, pemeriksaan berlanjut ke komponen selanjutnya yaitu saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen ini adalah titik kontak yang sudah meleleh, bengkok atau kait yang sudah aus sehingga ketika saklarnya di tekan akan balik lagi. Untuk pengecekannya bisa menggunakan AVO meter maupun test pen.

3. Cek Koneksi kabel antara kabel kecepatan ( yang menempel pada sakalar) dengan kabel yang menuju listrik langsung (biasanya berwarna Putih maupun Hitam)
Ketika Anda membongkar pada bagian Saklar kecepatan, Kita akan melihat ada 4 buah kabel yang berasal dari kumparan atau motor kipas angin. Masing -masing kabel tersebut adalah 3 buah untuk jalur pengatur kecepatan atau speed dan 1 buah untuk jalur menuju listrik langsung. ini untuk yang kipas angin 3 speed, sedangkan untuk kipas angin yang 2 speed kabelnya hanya ada 3 buah yaitu 2 buah untuk pengatur kecepatan dan 1 buah untuk menuju jalur listrik langsung.

Kesemua kabel tersebut ketika di tes menggunakan Multi tester harus menunjukkan hubungan langsung. Cara pengetesannya adalah lepas atau potong terlebih dahulu kesemua kabel tersebut dari sambungan pada saklar dan kabel power. Posisikan saklar multi tester pada X1, kemudian jarum multi tester dihubungkan pada kabel yang berasal dari kumparan kipas angin tersebut bergantian. Bila kumparan dalam kondisi bagus maka jarum multi ester akan bergerak kekanan.

Bila ada salah satu kabel yang ketika di tes ternyata tidak terhubung, itu artinya ada kerusakan di bagian kumparan. Yang paling sering terjadi adalah pada kabel yang terhubung ke kabel power langsung ( warna hitam atau putih ) dan bukan pada kabel switch. Bila ini yang terjadi kemungkinan yang putus adalah Thermofuse walaupun tidak menutup kemungkinan kawat kumparannya ada yang putus di tengah.

Yang Baca Artikel Di Atas Juga Baca Artikel Dibawah Ini

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP